STRATEGI PEMASARAN RESTORAN TAMAN DEDARI UBUD KABUPATEN GIANYAR

Authors

  • Indahosiani Putri UHN Sugriwa
  • I Wayan Wiwin UHN Sugriwa Denpasar
  • NI Made Rai Kritina UHN Sugriwa Denpasar
  • I Ketut Sumadi UHN Sugriwa Denpasar
  • I Gede Sutarya UHN Sugriwa Denpasar

Keywords:

Strategi Pemasaran, Restoran, Produk Restoran

Abstract

Perkembangan dunia pariwisata cukup pesat, dan cenderung dinamis oleh para wisatawan, baik mancanegara maupun nusantara untuk melakukan perjalanan wisata merupakan peluang sekaligus tantangan bagi pengembangan wisata, khususnya dari sisi penyedia sarana pariwisata seperti usaha hotel, rumah makan Keunggulan bersaing ini sangat penting bagi suatu usaha dalam mempertahankan konsumen dan keberadaannya. Restoran Taman Dedari memiliki keunikan di dalam restoran ini yang membuat wisatawan ingin berkunjung ke restoran ini. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, studi pustaka studi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif analisis deskriptif, matriks IFAS dan EFAS, matriks IE dan analisis SWOT dengan jumlah responden 40 wisatawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan Strategi pertumbuhan diperoleh melalui analisis pada matriks internal - eksternal (IE), Strategi pertumbuhan berada pada posisi I yaitu di tumbuh bina, sedangkan berdasarkan analisis SWOT dapat digambarkan sebagai berikut: Produk Restoran Taman Dedari berdasarkan keinginan wisatawan, Harga produk sesuai dengan fasilitas yang didapatkan oleh tamu, Promosi yang dilakukan melalui berbagai platform media sosial, Pelayanan Restoran Taman Dedari, Produk yang dimiliki dikemas dengan menarik, Kepuasan tamu dalam melakukan pemesanan.

Downloads

Published

2024-12-29