STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF AKUN YOUTUBE ROBLOX TOPIC INDONESIA DALAM MENARIK MINAT MASYARAKAT BERMAIN GAME ROBLOX
Keywords:
Strategi Komunikasi Persuasif, Roblox Topic Indonesia, Game Roblox.Abstract
Perkembangan teknologi semakin meningkat pesat seiring berjalannya waktu sehingga dapat membantu kehidupan manusia dalam menyampaikan informasi secara digital menggunakan sebuah wadah yang disebut platform digital. Salah satu platform yang saat ini banyak digunakan adalah Youtube. Kehadiran Youtube memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat, salah satunya adalah menjadi content creator. Hal ini dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai mata pencaharian dan sarana untuk berbagi informasi. Seperti pada penelitian kali ini yang membahas akun youtube Roblox Topic Indonesia (RTI). RTI merupakan akun youtube yang membahas informasi seputar game Roblox. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana strategi komunikasi persuasif yang dilakukan oleh RTI untuk dapat menarik minat bermain masyarakat. Teori dan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Strategi Komunikasi Persuasif oleh Melvin l. Defleur dengan metode kualitatif deskriptif. Dari penelitian ini didapat hasil bahwa strategi komunikasi perusasif yang digunakan akun Youtube Roblox Topic Indonesia tidak berpengaruh besar untuk mempersuasi masyarakat bermain game Roblox dikarenakan cara penyampaian yang terkesan monoton dan sebagian penonton terkadang sudah mengetahui lebih dahulu akan game terbaru yang ada di Roblox sehingga penonton sudah lebih dahulu bermain game yang dibahas.