Terbitan Terkini

Vol 1 No 1 (2023): PEMBELAJARAN HIPNOTIS DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF ŚIṢYA KOMUNITAS BRAHMAKUNTA

I Putu Suweka Oka Sugiharta1

( 49 - 56 )

Abstrak Pembelajaran hipnotis pada Komunitas Brahmakunta di Kota Denpasar bersifat melengkapi keilmuan pendidikan dengan memperhatikan aspek kebutuhan antarpribadi peserta didik, evolusi integral dalam diri peserta didik, maupun berbagai aspek kepribadiannya.  Kontribusi Hipnotis dalam pendidikan dapat menyelaraskan indera-indera peserta didik, menteraturkan pikirannya, serta menjadikannya manusa madhawa (manusia yang memiliki karakter kedewataan).

Penelitian ini diarahkan untuk mendapatkan kejelasan tentang karakteristik, proses, serta implikasi pembelajaran hipnotis. Data diperoleh dengan wawancara dan studi dokumentasi. Karakteristik pembelajaran hipnotis di Komunitas Brahmakunta menunjukkan aspek pemenuhan kebutuhan-kebutuhan mendasar dalam diri peserta didik agar proses pembelajaran tidak terganggu. Adapun karakteristik pembelajaran hipnotis meliputi karakteristik inklusif, control, afeksi, dan kompatibilitas. Implikasi pembelajaran hipnotis pada Sisya Komunitas Brahmakunta terhadap struktur kepribadian yang berkaitan dengan perbaikan aspek-aspek terkecil yang menyusun kepribadian, dinamika kepribadian yakni kedinamisan kepribadian, dan terhadap perkembangan kepribadian yang berkaitan dengan pemberian pengaruh pada aspek perilaku peserta didik.  

Kata kunci: Hipnotis, Komunitas Brahmakunta, Pembelajaran.

Diterbitkan: 06-02-2023
Lihat semua terbitan

Daftar Isi (Vol 2 no 1 - Juni 2024)

  1. Kajian Mitos Cuntaka Wuku Watugunung Masyarakat Desa Taro Melalui Eksistensi Sastra Lisan (1 – 8)
  2. Implikasi Teologis Pada Proses Mabersih Dukuh Warga Nyuwung Di Desa Abianbase - Gianyar (9 – 17)
  3. Ritual Nangluk Merana Sasih Kaenem Sebagai Media Komunikasi Di Desa Selatnyuhan (18 – 25)
  4. Studi Tentang Provisional Agreement On The Land Boundary Between The Republik Of Indonesia And The Democratic Republic Of Timor-Leste Ditinjau Dari Perspektif Konvensi Wina 1969 Tentang Hukum Perjanjian Internasional (26 – 33)
  5. Penerapan Nilai Pendidikan Budi Pekerti Hindu Dalam Sangkep Truna-Truni (34 – 40)
  6. Kajian Analisa Tiga Kerangka Dasar Pada Upacara Nunas Tirta Pangentasan Di Pura Tirta Payuk Bangli (41 – 48)
  7. Pembelajaran Hipnotis Dalam Pendidikan Inklusif Sisya Komunitas Brahmakunta (49 – 56)